Welcome in my blog

Sabtu, 09 April 2011

Bahasa Pemrograman Fortran

Fortran adalah salah satu bahasa tingkat tinggi (High Level Language) yang berfungsi menterjemahkan bahasa manusia (program) kedalam bahasa mesin (kode-kode mesin) yang siap dieksekusi oleh komputer. Fortran merupakan singkatan dari Formula Translation. Bahasa Pemrograman Fortran lebih umum digunakan untuk menyelesaikan masalah pemrograman yang lebih umum berorientasi kepada masalah teknik.
Bahasa Fortran merupakan salah satu bahasa tertua komputer, sehingga dari tahun-ketahun mengalami kemajuan dan perubahan, sehingga setiap pabrik software memakai cara dan pemakaian berbeda. Maka pada tahun 1977 dilakukan pembakuan (standard) Bahasa Fortran yang dikenal dengan nama FORTRAN77. Pada FORTRAN77 mencakup semua pernyataan dari versi sebelumnya serta ciri-ciri baru yang melengkapi dan memperbaharuinya, maka Bahasa Fortran yang dipelajari sekarang ini adalah Fortran versi 77 (FORTRAN77).
Untuk membuat program Fortran dapat digunakan editor apa saja, apaka SideKick (SK), WordStart (WS), dan lain-lain. Dalam membuat program Fortran, setiap nama program harus diakhiri dengan ".FOR" (titik FOR). Cara pemberian nama tidak boleh lebih dari 8 digit karakter dan tidak boleh ada space kosong (blank).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar